0

Melalui beberapa seminar, saya mengajak para peserta melakukan pengukurn dan akhirnya bisa di buat sebuah kesimpulan jika seseorang membuat daftar 6 teman terdekt yang palipg banyak menghabiskan waktu bersamanya, jika ditanyakan beberapa pendapatan 6 orang tersebut lalu di jumlahkan dan kemudian di bagi 6 lagi, artinya sama dengan rata-rata pendapatan 6 orang tersebut, ternyata itu akan selalu sama dengan pendapatan orang yang bersangkutan, kalaupun selisih maksimal hanya kurang atau lebih 10% dari rata-rata tersebut.

Contoh:
Budi prasetyo. 6 sahabat terdekat yang paling banyak menghabiskan waktu bersamanya adalah Iwan, Sapto, Alek, Santi, Andi, dan Farida.
Misalkan pendapatan masing-masing sahabat budi tersebut sebagai berikut:
Iwan berpendapatan                           Rp5.000.000/bulan
Sapto berpendapatan                         Rp13.000.000/bulan
Alek berpendapatan                            Rp2.000.000/bulan
Santi belum memiliki pendapatan     Rp0/bulan 
Andi memiliki pendapatan                  Rp9.000.000/bulan
Farida memiliki pendapatan               Rp4.000.000/bulan
Rata-rata pendapatan sahabat Budi  Rp5.500.000/bulan

Dengan komposisi teman seperti itu maka bisa di tebak pendapatan Budi berkisar antra Rp4.950.000 sampai dengan Rp6.050.000. Untuk Anda yang sudah bekerja Anda bisa mencoba metode ini. Tuliskan 6 orang sahabat Anda, lalu tayakan berapa pedapatan mereka? Jika mereka tak  bersedia menjawabnya dari gaya hidupnya Anda bisa memperkirakannya, karena dia sahabat Anda. Lalu ukurlah pendapatan Anda, sesuaikanlah dengan pendapatan mereka? Bagi Anda yang belum bekerja, ini pesan bahwa siapa teman terdekat Anda akan mempengaruhi menjadi seperti apa Anda nantinya.
Ini terjadi dalam sebuah aspek kehidupan, banyak contoh mengajarkan kita tentang hal ini. Sebuah mobil angkutan barang berangkat dari sebuah gudang distributor mengangkut beberapa dus air mineral untuk di distribusikan di beberapa tempat. Beberapa dus di turunkan di warung pinggir jalan, beberapa dus di kirim ke sebuah mini market di perumahan mewah, beberapa dus di kirim ke kafe, beberapa dus di kirim di kantin bandara dan beberapa dus di kirim ke hotel bintang lima. Sekarang mari kita amati, meskipun air mineral tadi di produksi di pabrik yang sama dan di antar oleh mobil yang sama dan di turunkan oleh orang yang sama tapi harga jualnya menjadi berbeda tergantung dimana dia di jajakan.
Lingkungan kita berada akan mempengaruhi kita menjadi seperti apa, sebagai orang yang merasa memahami keilmuan ini pun secara pribadi saya kesulitan melawan hukum ini, misal dengan kemacetan jalan di jakarta yang sedemikian ramainya saat saya mengemudikan mobil, saya sering kali beberapa pengendara motor berjalan menyelip dan memaksakan diri seenaknya, saat berhenti di lampu merah mereka berhenti melewati garis pemberhentian, pada saat saya mengendarai motor tanpa sadar saya cenderung terbaw dan mengikuti pegendara motor pada umumnya.
Jadi, jika Anda ingin bekerja di kantor, banyak-banyaklah bergaul denan orang yang bekera di kator, perbanyak waktu Anda bersama mereka, jika anda ingin menjadi dokter banyak-banyaklah mengalokasikan waktu dan teman yang ahli dalam bidang kedoteran. Jika anda ingin ahli service komputer, perbanyaklah teman yang ahli di bidang bongkar pasang komputer.

Advertisement

Posting Komentar

Apa keluhan anda ?? Tukiyo Suryo Atmojo, Be Positive Center, Trainer dan Motivator dalam bisnis.

 
Top