0

Setelah menemukan bakat alamiah dan minat dasar Anda, tugas selanjutnya adalah mrnemukan pekerjaan yang sesuai dan bagaimana kita mendapatkan pekerjaan tersebut. Saat ini sungguh era yang sangat mudah untk mengakses informasi, media masa seperti koran dan internet menyediakan informasi mengenai kesempatan bukan saja di sekitar Anda tapi keluar negeri. Anda menghendaki pekerjaan di luar kota, Anda tidak perlu repot harus mengunjungi kota tersebut untuk sekedar mencari lowongan pekerjaan atau mengajukan lamaran pekerjaan, ini membantu mengurangi biaya yang tak seharusnya di keluarkan. Anda bisa melakukan pencarian berdasarkan kriteria yang Anda inginkan melalui:
A. Kolega/kenalan, termasuk dari kolega orang tua dan saudara. (Ini paling ideal untuk membantu).
B. Website (ini paling mudah dan membantu).
C. Milis, iklan, koran, job fair.
D. Dipnaker dan lain lain.

Bahkan Anda bosa mencari dan menemukan lowongan bedasarkan kategori yang anda inginkan seperti:
Administrasi/Akuntansi/Keuangan/Asuransi/Buruh/Mekanik/Industri/Manufaktur/Desain/Grafis/Farmasi/Bio-Teknologi/Hukum/Kesehatan/Kedokteran/Komputer/Internet/Teknologi/Kontruksi/Fasilitas/Lain-lain/Layanan pelanggan/CS/Media/Nirlaba/Sukarela/Pemasaran/Periklanan/Relasi publik/Pendidikan/Pelatihan/Penegakan Hukum/Keamanan/Perbankan/Peminjaman/Perhotelan/Trevel/Perkebunan/Perhutanan/Pertambanagan/Pengeboran/PNS/Pramugari/Real Estate/Restoran/Layanan Makanan/Retail/Sales/SPG/Sekretaris/Seni/Hiburan/Penerbitan/Senior Menagement/Sumber Daya Manusia/HRD/Teknik/Arsitektur/Telekomunikasi/Transportasi/Logistik/Sopir.
Setelah Anda menentukan pilihan, dari kotegori yang sesuai, mulailah membaca lebih detail isi dari lowongan tersebut, disana Anda juga akan menemukan syarat apa saja yang dikehendaki dari pekerjaan tersebut.
Contoh:
Kami Perusahan swasta nasional, membutuhkan 1 orang Sales Manager, dengan syarat sebagai berikut:
1. Pendidikan S1
2. Bisa mengoprasikan komputer (Ms Office)
3. Berpengalaman minimal 1 tahun di bidangnya
4. Bekerja dalam tim
5. Terbiasa bekerja ngan target
6. Menguasai bahasa lisan dan tulisan
7. Usia maksimal 35 tahun
8. Memiliki kendaraan sendiri

Amati secara detail profile seperti apa yang diinginkan dari calon karyawan perusahaan tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah, sangat sedikit calon yang memiliki semua syarat yang diinginkan oleh perusahaan, jika mereka menetapka 10 syarat dan Anda tidak memiliki Kualifikasi yang di persyaratkan secara lengkap, sebagai calon Anda hanya memiliki 7-9 dari syarat yang di tentukan, Anda tetap bisa mencobanya. Atau mereka mempersyaratkan minimal ijazah S1 sedang Anda tak memilikinya,tapi anda sangat berpengalamwn di bidang itu, Anda layak merebukan posisi tersebut.
Berfokuslah pada kelebihan Anda yang mungkin tak dimiliki oleh calon lain dan berfikirlah bagaimana Anda mengemas kelebihan Anda. Berfokus pada kekurangan Anda akan membuat Anda menjadi tidak yakin atau bahkan tidak berani mengajukan lamaran pada lowongan tersebut.

Advertisement

Posting Komentar

Apa keluhan anda ?? Tukiyo Suryo Atmojo, Be Positive Center, Trainer dan Motivator dalam bisnis.

 
Top