0

Sangat banyak para pelamar yang sebenarnya sangat menguasai bidangnya tapi tak mampu menampilkan dan mempresentasikan kemampuannya lebih karena hambatan psikologis:
1. Takut di tolak
2. Grogi
3. Minder
4. Merasa tidak layak
5. Dan lain-lain
Untuk alasan apapun ini semua di sebabkan citra diri yang negatif, selanjutnya dengan citra diri tidak layak, Dr. Maxwell Maltz melalui bukunya psycho-cybernetics mutakhir  memaparkan bagaimana efek dari gambaran mental negatif. Dr. Maxwell Maitz adalah seorang dokter bedah kecantikan, dalam penelitiannya melalui pasien-pasiennya ia mendapatkan mereka telah di perbaiki hidungnya, dagunya atau bentuk matanya mereka tetap saja tidak merasa cantik dari sebelumnya, bahkan setelah di tunjukkan foto sebelum dan sesudah operasi. Masalah utama mereka bukan pada wajah tapi pada citra dirinya. Citra diri merupakan gambaran mental seorang manusia tentang dirinya sendiri. Program ini terbentuk melalui proses jangka panjang, terbentuk dari bagaimana orang lain memperlakukannya, bagaimana orang yang di pandang memiliki otoritas berkomentar tentng dirinya, bagaimana informasi secara repetisi di saaikan kepada dirinya.
Dalam sesi dialog khusus dengan beberapa mahasiswa UNSERA dan para finalis kang dan nong (semacam putra dan putri di daerah Banten) di prakarsai sebuah televisi lokal di daerah tersebut seorang peserta di tanyai yakinkah anda, bisa mematahkan 1 pengsil dengan 1 jari telunjuk saja? Ketika sang pesert tersebut menyatakan tidak bisa maka saat di minta melakukan meskipun dia melakukan segenapk upaya maka hasilnya tetap saja tidak akan bisa. Yang ajaib adalah ketika dia di minta membayangkan bahwa dia bisa, menggambarkan dalam mentalnya dia sudah melakukannya dengan mudah. Yakinkan dia bisa ketika di tunjukkan kepadanya bahwa peserta lain yang lebih kecil atau alah wanita yang lemah bisa mematahkan pensil itu dengan mudah dengan 1 jari. Saat dia mulai membayangkan dengan jelas dan dia mulai mempercayainya akhirnya dia bisa mematahkan 4 batang pensil sekaligus hanya dengan 1 jari saja, hal antara percobaan pertama dimana dia tidak berhasil mematahkan 1 pensil, percobaan kedua akhirnya dia bisa mematahkan 4 pensil sekaligus tanpa melakukan latihan khusus, bahkan tanpa makan dan minum.
Begitulah fikiran bekerja, dia selalu mendorong tubuh bekerja sesuai kepercayaannya. Tak heran Henry Ford tahun 1814 menasihatkan jika Anda sangat yakin bisa mencapai sesuatu maka benar Anda akan mencapainya, jika Anda yakin Anda gagal maka Anda benar-benar gagal, karena apa yang di percayai fikiran akan menggenakan sel-sel tubuh untuk mewujudkannya menjadi nyata.

Bagaimana menanganinya
Anda mungkin sering mendengar nasihat "Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkanmu, tetap tenanglah, ketakutan itu hanya di fikiran Anda". Itu semua adalah pendapat orang yang telah berhasil mengatasi ketakutannya. Jika nasihat ini Anda berikan untuk mereka yang memang pemula dan belum memgerti caranya, maka Anda bisa di anggap orang gila olehnya, "saya sudah mencobanya untuk tenang, bahkan mati-matian tapi tetap saja gugup" begitu kpmentar mereka jadi Anda harus mengerti bagaimana mengatasinya.

Advertisement

Posting Komentar

Apa keluhan anda ?? Tukiyo Suryo Atmojo, Be Positive Center, Trainer dan Motivator dalam bisnis.

 
Top