0
Untuk mencari dan menemukan minat dasar anda,anda harus lebih banayak menyelam dan berdialog ke dalam diri sendiri memeriksa perasaan anda.dengan menjawab pertayaaan berikut maka anda akan menemukan minat dasar anda.
1. Kenali topik apa yang anda merasa sangat antusias membicarakannya,bahkan saat anda membahas masalah yang berkaitan dengan hal ini anda sering lupa waktu karena anda begitu menikmatinya.
2. Kenali bidang apa yang ketika anda mengerjakannya anda merasa sangat bergairah dan memiliki energi lebih.
3. Seandainya anda boleh memilih pekerjaan apa saja dan anda akan di bayar sama,pekerjaan apa yang anda pilih.
4.Aktivitas apa yang anda sering bersedia melakukan dam bisa menikmatinya meski anda yak di bayar atai bahkan anda harus keluar biaya ketika menjalani aktivitas tersebut.
Di dalam dunia enterpreneur,passion (minat dasar ini di pandang lebih penting di banding bakat dasar).Ilustrasinya:sesorang yang tak berbakat memasak boleh memilih bisnis restoran sepanjang bergairah melakukannya.jika anda telah melakukan pemetaan bakat dan minat anda,sekarang saatnya menentukan dan menemukan pekerjaan impian anda.untuk anda yang sudah bekerja,anda boleh melihat memeriksa pekerjaan anda saat ini,apakah pekerjaan anda sesuai dngan bakat anda dann minat anda?
Contoh:
a. Anda merasa berbakat berbicara,anda juga berminat dan merasa nyaman berhubungan dengan banyak orang.maka anda boleh memilih bidang pekerjaan marketing,public relation,negosiator,pembicara publik,dll.
b. Anda merasa memiliki bakat berbicara dalam banyak bahasa,anda memiliki hobi jalan jalan,maka anda boleh memilih pekerjaan tour guide,pramugari/pramugara,dll.
Untuk anda yang masih mencari pekerjaan gunakan teknik di atas untuk menganalisis apakah pekerjaan yang di tawatkan oleh seseorang atau iklan yang anda baca di koran cocok dengan minat dasar dan bakat alamiah anda.jika tidak anda lebih baik menunda mencari pekerjaan yang lain yang lebih sesuai dengan diri anda,atau anda boleh mengambil job tersebut tapi hanya untuk sementara sambil anda tetap fokus kepada pekerjaan yang tepat buat anda berdasarkan rumusan rumusan di atas.Percayalah,tersedia pekerjaan yang lebih sesuai dengan anda di sekeliling anda.
Tentukan minat anda sekarang dan tentukan pilihan pekerjaaan.Yang ada hubungannya dengan minat anda minimal 3 bidang.
        LAKUKAN SEKARANG!!!!!! :)

Advertisement

Posting Komentar

Apa keluhan anda ?? Tukiyo Suryo Atmojo, Be Positive Center, Trainer dan Motivator dalam bisnis.

 
Top