0
Ide dalam menulis situs ini adalah pengalaman dan pekerjaan pribadi saya, yang saya yakini juga banyak dialami oleh banyak orang seperti saya.
Bukan saja oleh para pencari kerja tetapi juga para pekerja yang sampai saat ini masih bekerja maupun orang orang yang saat ini masih menyelesaikan pekerjaan nya.
Saya berharap menuliskan di situs ini agar anda dapat menginspirasi, mengarahkan sekaligus mempermudah para pencari kerja menemukan pekerjaan impiannya, dan juga semoga situs ini bisa memprovokasi para karyawan yang saat ini sudah bekerja agar terus lebih giat lagi dan semangat dalam menialan kan tugas nya.
Pada awal mencari pekerjaan sering kali seorang calon pekerja memiliki kesan bahwa mendapat pekerjaan itu tak semudah yang ia pikirkan, kompetisi begitu rumit dan ketat satu lowongan kerja diperebutkan tat kala itu menjadi impian karena banyak pelamar kerja jika biasanya para perusahaan yang baik dalam memperhatikan karyawan nya.
Pada saat bekerja berpindah dari satu perusahaaan ke perusahaan lain saya melihat, mendengar, dan merasakan banyak derita orang berkerja yang tidak menceritakan kepada khalayak atau media.
Begitu juga banyak mereka yang tidak bahagia dengan pekerjaan nya yang biasanya di tandai dengan mereka mengeluh kepada atasan nya, mereka mengeluh dengan pekerjaan nya, mereka mengeluh dengan lingkunganya, mereka mengeluh tentang tempat kerjanya jauh,mereka tak puas dengan gajinya,mereka juga tak puas dengan perusahaannya tetapi mereka tetap bertahan dengan karena tidak mengerti harus bagaimana,mau pindah tetapi takut kondisinya lebih buruk,atau mungkin ingin berhenti tetapi khawatir dengan sumber pendapatannya.
Ada juga yang bekerja berpuluh-puluh tahun dari masuk hingga pensiun tetapi mereka tidak pernah naik jabatan,tetapi mereka tetap bertahan.
Jika anda merasakan hal yang sama,saat ini saya sama sekali bukan sedang menyindir anda,justru andalah yang mengilhami situs ini,dan situs ini saya maksudkan untuk membawa anda keluar dari keadaan tersebut.
Pengalaman berikutnya saya dapatkan ketika saya menempati posisi executive vive president di salah satu perusahaan swasta nasional.pada saat memerlukan tambahan dan pergantian karyawan pada posisi tertentu,beberapa kali saya terlibat proses rekruitmen,menyeleksi surat-surat lamaran yang masuk,mewawancarai calon-calon karyawan,saya mendapatkan beberapa kesimpulan tentang dunia kerja dan para pencari kerja,baik melalui surat lamarannya maupun melalui pelamarnya ketika bertemu untuk mewawancarainya.
Kesimpulan saya tentang mereka calon pencari kerja  adalah:
1.Ada pelamar yang gagal karena tidak memenuhi syarat perusahaan
2.Ada yang di abaikan dan tak mendapatkan panggilan karena lamaran mereka kurang meyakinkan,sebagian dari mereka tidak mengerti bahwa lamaran merupakan wakil mereka,sebelum penulisnya di undang untuk bertemu dengan pihak yang memutuskan,mereka tidak mengerti lamaran menjadi duta yang mempengaruhi persepsi orang yang menerimanya terhadap pengirimnya.
3.Ada juga yang memiliki skill baik tapi kesulitan mempresentasikan kemampuaannya.
4.Ada yang memiliki kualifikasi yang sangat baik tetapi mengajukan lamaran untuk level yang jauh di bawahnya,mereka tidak mengerti bahwa mereka tidak harus memulai dari bawah.
5.Ketika di bandingkan mereka yang sangat berhasil dengan mereka yang rata-rata,sesungguhnya secara kemampuan tidaklah berbeda signifikan,sikap dan cara merekalah yang sering kali menjadi penyebab perbedaannya.
Pengalaman berharga berikutnya sya peroleh ketika saya mendirikan sebuah perusahaan yang salah satunya bergerak di bidang perekrutan,penyaluran,dan pengolahan tenaga kerja.
Saya mendapatkan banyak kesimpulan bahwa banyak calon karyawan yang tidak mengerti tentang mendapatkan pekerjaan sesuai dengan dirinya,sebagian dari mereka berprinsip asalah dapat kerja dululah dari pada nganggur.akibatnya jika mereka mendapatkan kerja,mereka tidak berada di tempat yang benar.mereka berada disana sementara bakat alamiah maupun passionnya bukan di bidang itu.
Dan pengalaman penting yang paling akhir adalah ketika saya membawakan seminar di sebuah komunitas HRD management,saya berkesempatan mendiskusikan pandangan saya tentang dunia kerja,teryata apa yang selama ini saya tuangkan di atas juga di alami oleh mereka.kesimpulan dasarnya,banyak pekerja yang tidak memahami bagaimana merancang suatu karier jangka panjang.inilah akhirnya yang mendorong saya untuk menuliskan menjadi situs ini.
Anda layak mendapatkan lebih banyak,anda layak mencapai lebih tinggi dan lebih cepat jika anda memahami caranya.

Advertisement

Posting Komentar

Apa keluhan anda ?? Tukiyo Suryo Atmojo, Be Positive Center, Trainer dan Motivator dalam bisnis.

 
Top