0
Kini saatnya anda berhenti sejenak melihat secara sederhana saja dan meneliti ulang karier anda,coba jawab dengan jujur beberapa pertanyaan berikut:
1. Sudah berapa lama Anda bekerja pada perusahaan Anda sekarang?
a) >3 tahun
b) 1-3 tahun
c) <1 tahun
2. Apakah Anda puas dan nyaman dengan pekerjaan Anda?
a)sering kali tidak puas
b)kadang-kadang tidak puas
c)secara umum puas
3. Apakah Anda merasa antara hasil kerja yang Anda kerjakan dengan gaji yang Anda terima sudah setara?
a)Gaji saya lebih kecil dari hasil kerja saya
b)Seimbang
c)Sangat layak
4. Apakah Anda merasa pekerjaan anda telah sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan Anda?
a)Tidak sesuai
b)Masih ada hubungannya
c)sangat sesuai
5. Apakah karier anda berkembang lebih cepat meninggalkan teman-teman seangkatan anda,sama dengan mereka atau malah tertinggal jauh dari mereka?
a)lebih lambat
b)sesuai
c)lebih cepat
6. Apakah di perusahaan anda promosi jabatan dilakukan dari dalam,artinya jika terjadi kebutuhan di level yang lebih tinggi mendahulukan prioritas dari dalam?
a)nyaris tidak pernah
b) kadang-kadang
c)selalu
Jika Anda sudah bekerja lebih dari 3 tahun,dan jawaban anda pada pertanyaan ke 2-6 lebih banyak a) saya menyarankan Anda merancang ulang karier anda.Jika jawaban anda lebih banyak b) Anda boleh bertahan atau ikut meninjaunya,dan jika jawaban anda lebih banyak c) bertahanlah.Namun jika masa kerja anda masih kurang dari 3 tahun,mungkin anda butuh waktu tambahan untuk melihat pengamatan lebih jauh.
Masa 3 adalah masa yang cukup untuk memahami secara kultur,budaya dan karakter perusahaan dan bagaimana orang yang berwenang di dalamnya mengambil kebijakan.Masa 3 tahun juga merupakan waktu yang cukup untuk melihat apakah kira-kira Anda memiliki peluang yang baik untuk berkembang bersama perusahaan ini.
Apapun posisi dan keadaan anda saat ini itu semua tidak lebih penting dari sedang menuju kemana anda sekarang ini?jika sebelumnya anda berprinsip anda asal ada pekerjaan,sekedar mengalir secara rutinitas,itu adalah masalalu anda,kini saatnya anda merancang ulang karierndan menetapkan pencapaian anda,kini saatnya anda memahami caranya,anda akan sampai tujuan dengan mudah tanpa khawatir jika anda akan sampai tujuan dengan mudah tanpa khawatir jika anda telah memahami rute perjalanan anda.
Bagaimana caranyaa??
1.Pahami bakat alamiah anda.
2.Ketahui passion anda.
3.Tetapkan goal anda
4.Tentukan jalurnya (pekerjaan yang akan mengatur anda sampai kepada goal anda)
5.Kuasai cara meraihnya.

Advertisement

Posting Komentar

Apa keluhan anda ?? Tukiyo Suryo Atmojo, Be Positive Center, Trainer dan Motivator dalam bisnis.

 
Top